Santet

Santet adalah upaya seseorang untuk mencelakai orang lain dari jarak jauh dengan menggunakan ilmu hitam. Santet dilakukan menggunakan berbagai macam media antara lain rambut, foto, boneka, dupa, rupa-rupa kembang, paku dan lain-lain. Santet sering dilakukan orang yang mempunyai dendam karena sakit hati kepada orang lain.

Macam Santet

Santet terdiri dari beberapa macam, ada yang memanfaatkan kekuatan pinjaman dari makhluk lain (halus) dan ada yang merupakan kekuatan ilmu atau kekuatan batin yang dilatih.

Cara Kerja Santet

Cara kerja santet berbeda-beda sesuai dengan ilmu yang digunakan. Terkadang, seorang yang berilmu mampu mentransfer kekuatannya menuju sasaran yang dituju, tetapi santet itu bukan berarti mengirim paku, jarum atau radio ke dalam perut orang lain. Prosesnya seperti kalau ada orang sakit gigi, jika ada orang memukul benda di depannya walau pukulan itu tidak mengenai gigi tetapi efek pukulan bisa menambah sakit giginya. Contoh lain, kalau ada orang makan asam atau mangga muda, orang yang melihat walau tidak ikut makan tetapi bisa “terbawa” oleh perasaannya. Begitulah proses kerja santet. 

Ada pula santet dengan pengiriman benda yang termasuk kelas berat karena seseorang harus mampu merubah benda padat menjadi molekul kemudian merubahnya kembali menjadi benda lagi. Atau santet yang hanya memasukkan sifat dari benda itu yang menimbulkan sakit aneh. Seperti orang yang disantet dengan jarum bukan berarti jarumnya masuk tubuh. Tetapi orang yang diserang itu akan merasakan seperti ditusuk-tusuk jarum.

Cara Menangkal Pelet

Cara Tradisional

Salah satu cara menangkal pelet adalah dengan tidur diatas lantai. Hal ini karena semua mahluk halus tidak pernah menyentuh bumi. Dia pasti akan melayang sekitar 10-15 cm diatas tanah. Hal ini di karenakan sifat tanah dan api adalah sifat yang berlawanan, konon tanah atau bumi mempunyai energi positif, karena itu mahluk halus tidak pernah menginjak tanah akibat pengaruh tanah terasa panas bagi bangsa mereka. Maka bila ingin terhindar dari kejahatan ilmu hitam seperti santet dianjurkan untuk membiasakan tidur di lantai, ilmu santet yang dilancarkan biasanya berjarak 50 cm diatas tanah, untuk itu bila seseorang tidur diatas tanah akan terhindar dari bahaya santet.

Doa atau Ritual

Penanggulangan ilmu hitam juga bisa dilakukan dengan melakukan ritual doa-doa sesuai kepercayaan dan agamanya masing-masing. Untuk menangkal atau menghilangkan pengaruh santet memang harus melakukan berbagai ritual seperti menggunakan media benda-benda bertuah yang sifatnya bertolak belakang dengan santet dan mahluk halus. 

Referensi

  1. Masruri, A. 1998. Fenomena Santet. Solo: CV Aneka 
  2. https://id.wikipedia.org/wiki/Santet
  3. https://www.parapsikologi.net/menguak-rahasia-ilmu-santet/
Bagikan informasi ke teman-teman melalui
Sidebar