Pelet

Pelet merupakan jenis ilmu atau ajian yang berfungsi untuk memengaruhi alam bawah sadar seseorang agar jatuh cinta kepada orang yang mengirim pelet tersebut. Pelet dilakukan melalui sebuah laku batin (tirakat) atau memanfaatkan benda-benda yang diyakini memiliki kekuatan magis. 

Istilah Pelet

Di daerah Jawa Tengah, ilmu pelet disebut pengasihan atau ilmu asihan, sementara itu di Sumatra atau di tanah Melayu, ilmu ini disebut dengan pekasih. Di Tanah Minang, pelet disebut juga pitunang, sementara tanah bata menyebutnya dorma. Di Kalimantan Barat, masyarakat mengenalnya dengan nama kundang, sementara di Kalimantan Timur disebut pitunduk.

Istilah pelet tidak selalu dikaitkan dengan urusan percintaan. Di Jawa Tengah, pelet bisa diartikan motif pada warangka keris. Dalam masyarakat sekitar Gunung Muria, pelet digunakan untuk sebutan orang yang berprofesi sebagai penculik anak-anak. Sementara itu, di Banyuwangi, pelet diartikan juga dengan memikat burung dengan getah pohon. Namun, pada dekade 90-an, mulai marak istilah pelet yang diidentikkan dengan urusan “memikat hati”.

Asal Usul Pelet

Jika menilik istilah pelet, banyak kalangan yang meyakini bahwa istilah itu terinspirasi dari nama tokoh Nini Pelet dalam legenda Gunung Ceremai, Kuningan, Jawa Barat. Ilmu perempuan tersebut dikenal sangat hebat, khususnya di bidang percintaan. Nini Pelet adalah tokoh yang merebut kitab “Mantra Asmara” ciptaan tokoh sakti bernama Ki Buyut Mangun Tapa. Salah satu dari isi kitab tersebut adalah ajian “jaran guyang” yang dikenal ampuh untuk mengikat hati lawan jenis.

Hingga kini, ajian itu masih dipelajari banyak orang, khususnya oleh kalangan paranormal. Sementara itu, Ki Buyut Manguntapa-sang pencipta ajian “jaran guyang” itu-dimakamkan di Desa Mangun Jaya, Karang Jaya, Indramayu, Jawa Barat. Masyarakat di sekitar makam itu meyakini bahwa sering muncul harimau siluman yang dipercayai sebagai peliharaan Ki Buyut. Konon, harimau itu sering muncul pada tengah malam,

Beberapa Jenis Ilmu Pelet

  1. Pelet Lintrik
  2. Ilmu pelet Pangkanang
  3. Pelet Jangjawokan Sunda
  4. Ilmu Pelet Jabat tangan dan tatap mata Bugis
  5. Pelet Jaran Goyang
  6. Semar mesem

Referensi

  1. Masruri, A. 2011. Rahasia Pelet. Jakarta Selatan: Transmedia Pustaka
  2. http://jogja.tribunnews.com/2017/03/19/6-jenis-ilmu-pelet-ini-disebut-yang-paling-dahsyat-di-indonesia?page=all
  3. https://www.masrukhan.net/kegunaan-susuk-di-dagu/
Bagikan informasi ke teman-teman melalui
Sidebar